Sunday, February 17, 2013

Peradaban Yunani Kuno

Peradaban Yunani Kuno. Yup temen temen, kali ini saya akan membahas tentang Yunani nih, khususnya Tentang Peradaban Yunani Kuno, nah yang akan saya bahas disini dimuali dari Yunani Arkais pada abad ke-8 sampai ke-6 SM, hingga berahirnya Zaman Kuno dan dimulainya Abad Pertengahan Awal. Menurut Wikipedia

Peradaban ini mencapai puncaknya pada periode Yunani Klasik, yang mulai berkembang pada abad ke-5 sampai ke-4 SM. Pada periode klasik ini Yunani dipimpin oleh negara-kota Athena dan berhasil menghalau serangan Kekaisaran Persia. Masa keemasan Athena berakhir dengan takluknya Athena kepada Sparta dalam Perang Peloponnesos pada tahun 404 SM. Seiring penaklukan oleh Aleksander Agung, kebudayaan Yunani, yang dikenal sebagai peradaban Hellenistik, berkembang mulai dari Asia Tengah sampai ujung barat Laut Tengah.

peradaban yunani kuno,sejarah peradaban yunani kuno,sejarah peradaban yunani,peradaban romawi dan yunani,peradapan yunani



Nah sekarang mari kita Bahas Sejarah Peradaban Yunani Kuno atau Negeri para Dewa ini lebih mendalam.

Sejarah Yunani pada Antikuitas Klasik dapat dibagi menjadi beberapa periode berikut:
- Periode Arkais (750 - 500 SM) adalah ketika para seniman mmebuat patung berdiri dalam pose yang kaku dan keramat dengan 'senyum arkais'. Periode Arkais biasanya disebut bekahir dengan penggulingan kekuasaan tiran Athena yang terakhir pada 510 SM.
- Periode Klasik (500 - 323 SM) dicirikan dengan gaya yang oleh para pengamat berikutnya disebut sebagai contoh, atau klasik, misalnya Parthenon. Dalam politik, periode Klasik didominasi oleh Athena dan Liga Delos pada abad ke-5 SM, yang digantikan oleh Hegemoni Sparta pada awal abad ke-4 SM, sebelum kekuasaan beralih pada Thebes dan Liga Boiotia dan akhirnya pada Liga Korinthos yang dipimpin oleh Makedonia.
- Periode Hellenistik (323-146 SM) adalah ketika budaya dan kekuasaan Yunani menyebar sampai ke Timur Dekat dan Timur Tengah. Periode ini dimulai setelah kematian Aleksander Agung dan berakhir dengan penaklukan Yunani oleh Romawi.
- Yunani Romawi adalah periode yang berlangsung sejak Romawi menaklukan Korinthos dalam Pertempuran Korinthos pada 146 SM sampai didirikannya Bizantium oleh kaisar Konstantinus sebagai ibukota Kekaisaran Romawi pada 330 SM.
- Fase akhir Antikuitas adalah periode Kristenisasi dari akhir abad ke-4 M sampai abad ke-6 M, biasanya disebut berakhir setelah ditutupnya Akademi Neoplatonik oleh kaisar Yustinianus I pada 529 M.

Periode Peradaban Yunani Kuno

Periode peradaban Yunani Kuno terhitung sejak Yunani purba (abad ke-6 SM hingga abad ke-8 SM) hingga 146 SM. Peradaban tinggi Yunani menemui puncaknya pada periode Yunani klasik (abad ke-5 SM hingga abad ke-4 SM), yaitu ketika Yunani di bawah kepemimpinan negara Athena.

Masa keemasan dari negara Athena berakhir ketika Athena takluk pada Sparta. Peristiwa takluknya Athena pada Sparta terjadi saat perang Peloponnesos yang terjadi pada 404 SM. Peradaban Yunani kuno juga dikenal dengan peradaban Hellenistik. Peradaban ini kemudian berkembang dari kawasan Asia hingga Laut Tengah.

Berbicara mengenai peradaban Yunani kuno sama saja dengan berbicara mengenai sejarah peradaban bangsa-bangsa di Eropa. Tidak berlebihan rasanya jika sejarah peradaban Yunani kuno disebut sebagai cikal bakal cerita peradaban masyarakat di Eropa bahkan dunia.

Peradaban Yunani kuno ternyata bukan hanya terjadi di kawasan Romawi. Tetapi juga lebih luas daripada itu. Masyarakat Yunani yang tinggal menyebar hingga kawasan Mesir mengakibatkan sedikit banyak peradaban Yunani kuno terbawa hingga negara tersebut. Bukan hanya di Mesir, peradaban Yunani kuno juga menyebar luas di sepanjang pantai Kolkhis, Illyria, hingga Semenanjung Iberia timur.

Sistem Kepercayaan Masyarakat Yunani Kuno
Sistem kepercayaan masyarakat pada peradaban Yunani Kuno adalah memuja banyak dewa atau politeisme. Uniknya, mereka menggambarkan dewa-dewi yang disembahnya itu memiliki tubuh dan perilaku seperti manusia. Namun, mereka meyakini bahwa dewa-dewi memiliki tubuh lebih besar dan indah serta hidup abadi. Seperti halnya manusia yang memiliki sifat baik dan jahat, dewa pun demikian. Ada yang baik, ada pula yang jahat.

Selain itu, pada peradaban Yunani Kuno, masyarakatnya percaya bahwa dewa-dewi mereka berkeluarga dan kadang berperang untuk mempertahankan kekuasaan masing-masing. Bukit Olympus dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa dan dewi. Dewa tertinggi bangsa Yunani ini adalah Zeus yang memiliki istri bernama Hera, yaitu Dewi Asmara. Beberapa dewa-dewi lain yang disembah masyarakat Yunani adalah sebagai berikut.

Dewa kematian bernama Hades.
Dewa laut bernama Poseidon.
Dewa pertanian bernama Demeter.
Dewa perang bernama Ares.
Dewa matahari dan kesenian bernama Apollo.
Dewa anggur bernama Dyonisos.
Dewa perniagaan bernama Hermes.
Dewi kecantikan bernama Aphrodite.
Dewi perburuan bernama Artemis.
Dewi keselamatan dan ilmu pengetahuan bernama Pallas Athena.

Yup gimana.?? Cukup seru bukan Tentang negeri para Dewa Tersebut.? Semoga Artikel ini bermanfaat ya.

Judul: Peradaban Yunani Kuno

Ditulis oleh Yusuf Fikri

Rating Blog: 5 dari 5

~ Penulis : ~

Terimakasih ya telah membaca, jika ada yang kurang jelas mohon untuk di kritik di Kotak Komentar atau ke Halaman Kontak Saya. Jika Anda ingin menyebarkan artikel Peradaban Yunani Kuno mohon dengan sangat untuk mencantumkan link sumber. Semoga Bermanfaat .. ^_^
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment