Saturday, April 20, 2013

Bahasa Korea : Oppa Pada Lagu Gangnam Style


"Oppan Gangnam gaya," kait dari lagu "Gangnam Style," benar-benar dapat menerjemahkan untuk "Saya gaya Gangnam," di mana "oppa" adalah ekspresi mengacu Korea digunakan oleh perempuan untuk memanggil laki-laki yang lebih tua seperti teman-teman pria yang lebih tua atau saudara yang lebih tua. Namun, narator dalam lagu menyebut dirinya sebagai orang ketiga. Ini mengganggu bahasa korea dan menyeramkan sebagian besar waktu, kan? Tapi dalam lagu ini, hal itu sengaja digunakan untuk membuatnya terlihat konyol.
PSY
"Oppan" bukan kata tunggal tetapi frase kata benda, bentuk singkat dari "oppa + neun." Tidak seperti bahasa Inggris yang memiliki SVO relatif tetap (subjek-kata kerja-obyek) urutan kata, Korea memiliki urutan kata SOV relatif bebas di mana subjek dan objek juga dapat secara bebas dihilangkan. Jadi, "longgar" berbicara demi penjelasan singkat dan mudah, Korea menggunakan penanda kasus (atau partikel) untuk membedakan mana benda tunduk dan dimana kata bendanya adalah obyek. Penanda Subjek "- 이" (-i) digunakan setelah kata benda yang berakhir dengan konsonan (misalnya, hyung-i) dan "- 가" (-ka) digunakan setelah kata benda yang berakhir dengan vokal (misalnya, oppa-ka), objek penanda "- 을" (-eul) digunakan setelah kata benda yang berakhir dengan konsonan (misalnya, hyung-eul) dan "- 를" (-Reul) digunakan setelah kata benda yang berakhir dengan vokal (misalnya, oppa-Reul).

(I) Hyung-i Wayo. "(Saya) kakak akan datang." (Digunakan oleh laki-laki)
(Ii) Oppa-ka Wayo. "(Saya) kakak akan datang." (Digunakan oleh perempuan)
(Iii) Hyung-eul ddaragayo.
 "(Saya) berikut (saya) kakak." (Digunakan oleh laki-laki)
(Iv) Oppa-Reul ddaragayo.
 "(Saya) berikut (saya) kakak." (Digunakan oleh perempuan)

Korea juga memiliki dua jenis penanda topik: "- 은" (-eun) datang setelah kata benda yang berakhir dengan konsonan (misalnya, hyung-eun) dan "- 는" (-neun) datang setelah kata benda yang berakhir dengan vokal (misalnya, oppa-neun). Penanda topik Korea pada dasarnya digunakan (i) untuk menentukan topik kalimat atau (ii) untuk memberikan makna kontrastif.

(I) Oppa-neun Gangnam gaya (-iya).
 "Berbicara tentang oppa (= saya), saya gaya Gangnam."
(Ii) Oppa-ka Sagwa-neun meogeo.
"Aku tidak makan buah lain, tapi aku makan apel."

Dengan demikian, dalam lagu ini, "oppan" (오빤) adalah bentuk singkat dari frase nomina "oppa-neun" (오빠 는) dan hook "Oppan Gangnam gaya" diterjemahkan menjadi "Berbicara tentang oppa (= saya), saya suka Gangnam gaya hidup. " Dan hook di Hyun-a ini versi lagu, "Oppan ddak nae gaya," diterjemahkan menjadi "Berbicara tentang oppa (= Anda), Anda tipeku (cowok)", dan sisanya dari lirik cukup sama seperti dalam versi aslinya PSY itu.

Judul: Bahasa Korea : Oppa Pada Lagu Gangnam Style

Ditulis oleh Unknown

Rating Blog: 5 dari 5

~ Penulis : ~

Terimakasih ya telah membaca, jika ada yang kurang jelas mohon untuk di kritik di Kotak Komentar atau ke Halaman Kontak Saya. Jika Anda ingin menyebarkan artikel Bahasa Korea : Oppa Pada Lagu Gangnam Style mohon dengan sangat untuk mencantumkan link sumber. Semoga Bermanfaat .. ^_^
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment